Lafadz Doa Masuk Bulan Rajab, 'allahumma bariklana fii rajaba wa sya'bana wa balighna ramadhan' arab dan artinya

Doa Bulan rajab

Beritaislam - Awal Bulan Rajab 2020 jatuh pada Selasa (25/2/2020). Artinya, mulai Senin (24/2/2020) setelah Maghrib, kita sudah memasuki bulan Rajab 1441 Hijriyah.

Do'a di bulan Rajab yang sangat mashur di masyarakat adalah sebagai berikut.

Do'a Bulan Rajab Lafadz Arab, latin beserta artinya.

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِى رَجَبٍ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

 "Allahumma baarik lanaa fii Rojab wa Sya’ban wa ballignaa Romadhon"

Artinya: Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban dan perjumpakanlah kami dengan bulan Ramadhan”.

Do’a ini biasa diucapkan ketika memasuki bulan Rajab. Sekarang permasalahannya, apakah benar do’a ini benar disandarkan pada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, yaitu termasuk do’a yang diajarkan? Inilah yang akan penulis tinjau pada tulisan kali ini.

Riwayat selengkapnya mengenai do’a tersebut adalah sebagai berikut.

حَدَّثَنَا عَبْد اللَّهِ حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ عُمَرَ عَنْ زَائِدَةَ بْنِ أَبِي الرُّقَادِ عَنْ زِيَادٍ النُّمَيْرِيِّ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا دَخَلَ رَجَبٌ قَالَ اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبٍ وَشَعْبَانَ وَبَارِكْ لَنَا فِي رَمَضَانَ وَكَانَ يَقُولُ لَيْلَةُ الْجُمُعَةِ غَرَّاءُ وَيَوْمُهَا أَزْهَرُ

Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullah, telah menceritakan kepada kami ‘Ubaidullah bin Umar dari Za`idah bin Abu Ar Ruqad dari Ziyad An Numairi dari Anas bin Malik, ia berkata, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam apabila memasuki bulan Rajab, maka beliau mengatakan,

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

“ALLAHUMMA BARIK LANA FI RAJABA WA SYA’BAN WA BARIK LANA FI RAMADHAN (Ya Allah, berkahilah kami di bulan rajab dan sya’ban, serta berkahilah kami di bulan ramadhan)” Beliau bersabda,”Malam jum’at adalah mulia dan harinya terang benderang.”

Riwayat di atas dikeluarkan oleh Imam Ahmad dalam musnadnya (1/259), Ibnu Suniy dalam ’Amalul Yaum wal Lailah, Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman (3/1399), An Nawawi dalam Al Adzkar (245).

Doa Bulan Rajab dan Artinya


Melansir laman resmi Muhammadiyah, hadits tentang doa ini berkualitas dhaif atau lemah.

Hal serupa diungkapkan laman resmi NU.or.id yang ditulis Yunal Isra, menyatakan bahwa hadits tersebut berstatus dhaif (lemah).

Namun demikian, tetap bisa diamalkan ini adalah pendapat Imam An-Nawawi dan hadist dhaif boleh diamalkan selama tidak berkaitan dengan masalah akidah dan ibadah mahdhah dan untuk fadhoil a'mal.

Hal ini pernah disampaikan oleh ustadz Abdul Somad. Jadi bagi sahabat yanng hendak mengamalkan do'a ini sangat dipersilahkan, di dalamnya merupakan panjatan do'a yang isinya adalah kebaikan dan mengharapkan keberkahan.

Wallahua'lam bish-showwab.

[beritaislam.org]

Comments

Popular posts from this blog

Hadist Tantang Larangan Membunuh Katak (Kodok) dan Kelelawar Serta Hukum Mengkonsumsinya

Syair Qosidah Burdah Lengkap Dengan Terjemahannya